Abstract:
Kinerja merupakan hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dapat
dicapai oleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugas sesuai dengan tanggung
jawab yang diberikan kepadanya. Peranan Sumber Daya Manusia (SDM) yaitu
karyawan / pegawai sebagai sumber tenaga kerja dalam suatu unit organisasi
sangat dibutuhkan untuk menghasilkan produk yang berkualitas, baik produk
berupa barang ataupun produk yang berupa jasa. Produktivitas pegawai tersebut
menjadi pusat perhatian dalam upaya untuk meningkatkan kinerja yang
mempengaruhi efisiensi dan efektivitas organisasi.
Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh Sikap kerja dan Disiplin
Terhadap Kinerja Karyawan Pada Garuda Plaza Hotel, Populasi penelitian
berjumlah 130 orang, adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah
teknik Slovin, dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang, dan teknik
pengumpulan data dengan menggunakan metode penyebaran angket dan
menggunakan teknik analisis regresi linier berganda.
Hasil pengujian diperoleh nilai t untuk variabel kualitas menunjukkan nilai
thitung =12,775 > ttabel = 1,66 dengan nilai signifikansi sebesar =0,000 < 0.05
dengan demikian berarti Sikap Kerja memiliki pengaruh yang signifikan terhadap
Kinerja Karyawan, nilai t untuk variabel Disiplin Kerja menunjukkan nilai t
=2,216 > t tabel = 1,66 dengan nilai signifikansi sebesar =0,029 < 0,05 yang
berarti menunujukkan bahwa Disiplin Kerja memiliki pengaruh yang signifikan
terhadap Kinerja Karyawan, Hasil nilai Fhitung = 98,079> dari F tabel =2,70 (lihat
tabel F untuk N = 100) dengan nilai probabilitas yakni sig adalah sebesar 0,000 <
0,05. Artinya Sikap Kerja dan Disiplin Kerja secara bersama-sama berpengaruh
signifikan terhadap Kinerja Karyawan, Sikap Kerja dan Disiplin Kerja secara
bersama-sama hanya berpengaruh sebesar 66,9% sedangkan sisanya 32,1%
Kinerja Karyawan dipengaruhi oleh variabel kualitas pelayanan, emosional dan
biaya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.