Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui apakah pengaruh model
pembelajaran Think Pair Sahre terhadap belajar akuntansi siswa pada pokok
bahasan persamaan dasar akuntansi di Kelas X SMK PAB 2 Helevtia Tahun
Pembelajaran 2017/2018.
Adapun masalah yang ditemukan dalam penelitian ini adalah Hasil belajar
akuntansi siswa masih rendah. Siswa kurang aktif ketika dalam proses kegiatan
belajar-mengajar (KBM). Siswa cenderung pasif dalam menerima pelajaran,
malas bertanya, tidak fokus pada mata pelajaran yang disampaikan. Guru kurang
melaksanakan variasi dalam belajar pembelajaran yang tidak melibatkan siswa
secara efektif. Siswa kurang antusias dan cendrung pasif. Rendahnya respon
umpan balik dari siswa terhadap pertanyaan dan penjelasan guru serta pemusatan
perhatian yang kurang tepat, rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran
akuntansi.
Lokasi yang diambil untuk penelitian adalah gedung sekolah dan ruang
kelas XSMK PAB 2 Helvetia T.P 2017/2018 yang beralamat di jalan Veteran
PasarlV, Gang Buntu Helvetia Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas
X SMK PAB 2 Helvetia Tahun Pembelajaran 2015/2016 yang berjumlah 30
orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan
menggunakan teknik Total Sampling sebanyak satu kelas dengan jumlah siswa
sebanyak 31 orang siswa.Dari hasil penelitian yang menjadi nilai rata-rata pada
Kelas X Ak sebelum menggunakan model pembelajaran Kooperatif Think Pair
Share dalam proses pembelajaran diperoleh nilai rata-rata sebesar 69,33 dengan
standar deviasi 10,84 dan nilai yang diperoleh minimal 45 dan maksimal 80.
Dari hasil penelitian didapat nilai rata-rata pos tes pada Kelas X Ak 1
setelah digunakan model pembelajaran pembelajaran Kooperatif Think Pair
Share di dalam proses pembelajaran diperoleh nilai rata-rata 86,83 dengan standar
deviasi 8,70 dan nilai yang diperoleh minimal 80 dan maksimal 95. Berdasarkan
perhitungan diperoleh data untuk nilai pre tes Lhitung= -0,1458 sedangkan uji
liliefors taraf nyata α=0,05 dan N-2=28 diperoleh Ltabel = 0,144 dengan demikian
Lhitung < Ltabel = (-0,1458 < 0,144), sehingga dapat disimpulkan bahwa data
berdistribusi normal 2014/2015”.