Abstract:
Karya Percetakan merupakan sebuah perusahaan percetakan yang cukup
dikenal oleh masyarakat kota Medan. Hal itu dapat diraih Karya Percetakan atas
pelayanannya sejak 2002. Salah satunya adalah pelayanan yang dilakukan oleh
Graphic Designer di Karya Percetakan. Graphic Designer akan melakukan
komunikasi interpersonal untuk menciptakan kepuasan pada Customer tersebut.
Graphic Designer akan menyampaikan ide-ide yang akan di tuangkan ke dalam
design kepada Customer yang nantinya akan memberikan feedback terhadap ide
tersebut. Tujuan penelitian untuk Untuk menjelaskan komunikasi interpersonal
Graphic Designer terhadap kepuasan Customer dalam menerapkan ide design di
Karya Percetakan. Teori yang digunakan adalah Komunikasi Interpersonal.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan 7 (tujuh)
informan untuk menjelaskan fenomena yang berkaitan dengan komunikasi
interpersonal Graphic Designer terhadap kepuasan Customer dalam penerapan ide
design di Karya Percetakan.
Hasil penelitian menunjukkan Graphic Designer di Karya Percetakan
memahami unsur-unsur design dimana unsur-unsur tersebut merupakan hal
penting dalam pemahaman ide design. Komunikasi yang dilakukan dengan cara
Graphic Designer bertanya kepada Customer untuk mengetahui konsep seperti
apa yang di inginkan untuk di tuangkan kedalam design yang akan dibuat. Untuk
menyampaikan ide design, mereka biasa menggunakan aplikasi smartphone
seperti Whatsapp atau Line dan bisa juga menggunakan Email. Berdasarkan hasil
penelitian dapat kita simpulkan bahwa komunikasi interpersonal pada Graphic
Designer dengan Customer dapat dilakukan secara langsung tetapi bisa juga
dengan perantara berupa sketsa yang akan membantu Customer untuk dapat
memahami ide design yang disampaikan oleh Graphic Designer.