Abstract:
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas XI SMK Ar
Rahman Tahun Pembelajaran 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh model pembelajaran quantum learning berbantu media video animasi
terhadap hasil belajar pada materi rekonsiliasi bank akuntansi siswa SMK Ar Rahman
tahun pembelajaran 2019/2020.
Penelitian ini di laksanakan di SMK Ar Rahman yang beralamat di Jl. Brigjend.
H.Abdul Manaf Lubis. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa akuntansi kelas XI
yang berjumlah 42 orang, sedangkan sampel yang di gunakan adalah seluruh siswa
akuntansi kelas XI yang berjumlah 42 orang. Instrument penelitiaan dengan
memggunakan tes tertulis berbentuk uraian yang berjumlah 5 soal dan angket yang
berjumlah 20 item. Dari hasil pengujian hipotesis di ketahui bahwa thitung > ttabel (6,563
> 1,684) adalah hipotesis di terima (Ha diterima). Maka dapat di simpulkan bahwa
Ha di terima yang berarti variabel model pembelajaran quantum learning berbantu
media video animasi berpengaruh terhadap variabel hasil belajar siswa akuntansi
SMK Ar Rahman tahun pembelajaran 2019/2020.