Abstract:
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran
Tipe Quiz Team Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMK PAB 3 Medan
Estate T.P 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan di SMK PAB 3 Medan
Estate yang beralamat Jalan K.L.Yos Sudarso No.19 A-B Medan. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh seluruh siswa kelas XI SMK SMK PAB 3
Medan Estate Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 25 siswa, sedangkan
sampel yang digunakan adalah seluruh siswa kelas XI Akuntansi yang
berjumlah 25 siswa sebagai sampel total (total sampling). Instrument penelitian
dengan menggunakan angket dan tes tertulis yang berbentuk uraian. Angket
sebanyak 10 (sepuluh) pertanyaan sedangkan tes sebanyak 20 (sepuluh) soal
yang dibagi kedalam dua bagian yaitu 10 (sepuluh) soal pada pre-test dan 10
(sepuluh) soal pada post-test yang terlebih dahulu di uji validitas dan
reliabilitasnya.
Dari hasil analisis data pre-test diperoleh rata-rata 67,8 sedangkan data
post-test diperoleh rata-rata 87,44. Penelitian ini menggunakan uji Liliefors
untuk mengetahui normalitas data hasil belajar dan uji F untuk mengetahui uji
Homogenitas data. Pengujian Hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t
dengan dk = N-1 pada α = 0,05. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis
diperoleh thitung > ttabel dengan hasil 4,79 > 1,71387 H0 diterima dan H1
ditolak.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa “ Ada Pengaruh Model
Pembelajaran Tipe Quiz Team Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMK
PAB 3 Medan Estate T.P 2018/2019”.