Abstract:
penelitian ini adalah “apakah layanan penguasaan konten dengan teknik
percontohan berpengaruh untuk meningkatkan motivasi berwirausaha pada siswa
SMA Harapan Mekar Medan tahun pembelajaran 2018-2019.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode pre eksperimen dengan
desain one group pretest – posttest, populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX
IPS SMA Harapan Mekar Medan yang memiliki tingkat motivasi berwirausaha
yang rendah. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara menyebarkan angket
tentang motivasi berwirausaha yang telah di uji validitas. Terdapat 30 angket dan
28 siswa yang memiliki motivasi berwirausaha yang rendah. sebelum diberikan
perlakuan (pretest) dapat dikatakan keadaan motivasi berwirausaha siswa pada
tingkat yang cenderung rendah yaitu berada pada skor rata-rata 71. Setelah
diberikan perlakuan (posttest) yaitu layanan penguasaan konten dengan teknik
percontohan maka di kelas XI IPS SMA Harapan Mekar Medan Tahun
Pembelajaran 2018/2019, mengalami peningkatan yang cenderung tinggi yaitu
berada pada skor rata-rata 125.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan motivasi berwirausaha
pada siswa setelah diberikan layanan penguasaan konten dengan teknik
percontohan. Hal ini ditunjukkan dari = 5 dengan menggunakan taraf
signifikan nyata (a = 0,05) dan dengan d.b = n – 1. maka diperoleh = 1,703
Karena nilai > ( 5,14 > 1,703) maka dapat dikatakan bahwa = Ha
diterima H0 ditolak. Sehingga kesimpulannya adalah “ terdapat pengaruh yang
signifikan Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Percontohan Terhadap
Motivasi Berwirausaha Siswa SMA Harapan Mekar Medan Tahun Pembelajaran
2018/2019.