Abstract:
Penelitian ini di latarbelakangi dengan strategi komunikasi CSR PT. Milano
Marbau dalam pemberdayaan masyarakat Kecamatan Marbau Kabupaten
Labuhanbatu Utara, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi
komunikasi CSR PT. Milano Marbau dalam pemberdayaan masyarakat
Kecamatan Marbau Kabupaten Labuhanbatu Utara. Teori yang digunakan dalam
penelitian ini adalah teori strategi komunikasi, Komunikasi CSR PT. Milano, serta
CSR PT. Mialano dalam pemberdayaan masyarakat Jenis penelitian ini adalah
deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode wawancara,
dokumentasi, dan observasi. Analisis data dilakukan dengan metode analisis
deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan data yang diperoleh melalui instrumen
penelitian dengan narasumber sebanyak 7 orang diantara nya 1 orang Manager
PT. Milano Marbau, 1 orang Humas PT. Milano Marbau, dan 2 orang Karyawan
PT. Milano Marbau serta 3 orang dari masyarakat setempat. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa Strategi Komunikasi CSR PT CSR PT. Milano Marbau
dalam pemberdayaan masyarakat Kecamatan Marbau Kabupaten Labuhanbatu
Utara dengan adanya Bilikom (Bina Lingkungan dan Komunikasi) dapat
membantu serta memudahkan Masyarakat berkomunikasi langsung dengan pihak
PT. Milano sehingga PT. Milano dapat lebih mudah berkomunikasi langsung
dengan masyarakat Marbau sehingga program CSR yang nantinya akan
dilaksanakan PT. Milano dapat dimengerti oleh masyarakat Marbau. Beberapa
program- program CSR PT. Milano Marbau dalam pemberdayaan masyarakat
seperti program CSR dalam bidang pendidikan, kesehatan, pertanian dan
perternakan dengan adanya program CSR yang diberikan PT. Milano semoga
dapat membantu masyarakat yang ada di kecamatan Marbau Kabupaten
Labuhanbatu utara