Abstract:
Layanan penguasaan konten merupakan layanan bantuan kepada individu ataupun
dalam kelompok untuk menguasai kemampuan atau kompetensi tertentu melalui
kegiatan belajar. Kemampuan atau kompetensi yang dipelajari itu merupakan satu
unit konten yang di dalamnya terkandung fakta dan data konsep. Penelitian ini
merupakan penelitian kualitatif untuk meneliti penerapan layanan penguasaan
konten untuk mengatasi burnout belajar siswa kelas X SMA Harapan Mekar
Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Fokus penelitian ini adalah menjelaskan
tentang penerapan layanan penguasaan konten untuk dapat mengatasi burnout
belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan suatu kesimpulan
tentang penerapan layanan penguasaan konten untuk mengatasi burnout belajar
siswa, dengan menggunakan instrument observasi dan wawancara untuk menggali
informasi mengenai siswa yang mengalami burnout belajar. Penelitian ini
menunjukkan bahwa penerapan layanan penguasaan konten untuk mengatasi
burnout belajar siswa berhasil. Karena siswa telah mampu mengatasi burnout
belajar dengan demikian dapat dilihat dari hasil kemampuan berfikir dan tindakan
siswa dalam upaya mengatasi burnout belajar dilihat dari laiseg dan hasil
wawancara. Pembahasan hasil penelitian penerapan layanan penguasaan konten
untuk mengatasi burnout belajar siswa kelas X SMA Harapan Mekar Medan
Tahun pembelajaran 2018/2019 berhasil dilaksanakan dan sangat efektif dapat
dilihat dari siswa yang mengalami burnout belajar telah mampu mengatasi
burnout belajar yang dialami siswa. Dengan demikian untuk mengatasi burnout
belajar siswa di sekolah layanan penguasaan konten sangatlah berperan dan
dibutuhkan oleh siswa.