Abstract:
Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif untuk
mengetahui strategi alternative pengembangan produk sayur segar hidroponik
dengan analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats) untuk
melihat lingkungan internal yaitu kekuatan dan kelemahan serta lingkun gan
eksternal yaitu peluang dan ancaman. Kemudian dirumuskan formulasi strategi
pengembangan produk sayur segar hidroponik serta dilakukan analisis QSPM
(Quantitative Strategic Planning Matrix) untuk menentukan strategi prioritas yang
menjadi masukan bagi PT. Hidrotani Sejahtera untuk diterapkan. Hasil penelitian
menunjukan stategi alternative PT. Hidrotani Sejahtera S-O menambah variasi
jenis dan bentuk sayur segar siap saji bebas pestisida. Strategi W-O memperbaiki
akses dan membentuk pasar baru di media online, Strategi S-T meningkatkan
pruduktifitas dan kualitas produk yang dihasilkan, Strategi W-T melakukan
pemasaran secara langsung kekonsumen. Startegi yang menjadi prioritas untuk
diterapkan adalah strategi S-O menambah variasi jenis dan bentuk sayur segar
siap saji bebas pestisida.