Abstract:
Permasalah dalam penelitian ini adalah “Rendahnya hasil belajar siswa dan
kurang aktifnya siswa pada saat proses kegiatan pembelajaran pada kelas XII IPS
di SMA Negeri 2 Sibolga”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dengan
menerapkan model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar
ekonomi siswa kelas XII IPS 3 SMA Negeri 2 Sibolga. Penelitian ini dilaksanakan
di SMA Negeri 2 Sibolga T.P 2019/2020 semester ganjil. Subjek penelitian adalah
siswa kelas XII IPS 3 yang berjumlah 29 orang. Teknik yang digunakan untuk
mengumpul data dalam penelitian ini menggunakan observasi. Tes yang digunakan
adalah Essay Test. Observasi keaktifan belajar siswa dilakukan secara langsung
pada saat proses belajar mengajar dengan menerapkan model pembelajaran Make
A Match. Berdasarkan hasil analisa data diperoleh hasil belajar pada tes awal
(pretest) dengan 34,48% yang tuntas dengan nilai rata-rata 72,75. Data posttest
siklus I dengan 79,31% yang tuntas dengan nilai rata-rata 77,31. Sedangkan data
posttest II dengan 93,10% yang tuntas dengan nilai rata-rata 80,62. Berarti ada
peningkatan hasil belajar siswa dari posttest siklus I dan siklus II sebesar 13,79%.
Hasil observasi yang telah dilakukan menunjukkan peningkatan aktifitas siswa
10,35% (siklus I 76,84% sedangkan siklus II 87,19%). Dari hasil perolehan hasil
belajar siswa dan lembar observasi, disimpulkan bahwa dengan menerapkan model
pembelajaran Make A Match pada materi akuntansi sebagai sistem informasi
dikelas XII IPS 3 SMA Negeri 2 Sibolga T.P 2019/2020 dapat meningkatkan hasil
belajar siswa. hal ini berarti bahwa model pembelajaran Make A Match dapat
digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran ekonomi