Abstract:
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan di
PT. Almeerah Plaza Tour & Travel berpengaruh pada kepuasan jamaah.
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah jamaah PT. Almeerah
Plaza Tour & Travel jumlah 101 orang. Sedangkan sampel yang diambil
sebanyak 50 orang pelanggan dengan menggunakan teknik pengambilan sampel
yang digunakan adalah probability sampling. Metode analisis yang digunakan
adalah analisis kuantitatif yaitu analisis regresi linear berganda. Analisis ini
meliputi: uji validitas dan reliabilitas, analisis regresi berganda, pengujian
hipotesis melalui uji t dan uji f dan determinasi (R
). Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa berdasarkan hasil penelitian maka dapat diambil kesimpulan
bahwa Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Jamaah,
hal ini didasarkan pada Thitung>Ttabel atau 13,058>2,010 nilai signifikan
0.000<0.05 maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa variabel
Kualitas Pelayanan(X) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan
terhadap Kepuasan Jamaah(Y). Berdasarkan uji Determinasi Nilai R Square
menunjukkan sekitar 78% variabel Kepuasan Jamaah (Y) dipengaruhi Kualitas
Pelayanan (X). Sementara sisanya sebesar 22% dipengaruhi oleh variabel yang
tidak diteliti dalam penelitian ini. Maka penulis menarik kesimpulan dalam
penelitian ini variabel Kualitas Pelayanan mempunyai pengaruh positif dan
signifikan dan besarnya pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan jamaah
0,780 atau 78% terhadap Kepuasan Jamaah pada PT. Almeerah Plaza Tour &
Travel.