Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Learning Cycle 7E terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI SMK PAB 3
Medan Estate tahun. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar
akuntansi siswa kelas XI Akuntansi SMK PAB 3 Medan Estate.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK PAB 3 Medan Estate yang beralamat
dijalan dijalan Mesjid No. 1 Medan Estate Kecamatan Percut Sei Tuan
Kabupaten Deli Serdang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas XI SMK PAB 3 Medan Estate yang terdiri dari 25 siswa. Sample dalam
penelitian adalah adalah seluruh siswa kelas XI Ak yang terdiri dari 25 siswa
yang diambil dengan teknik Probability Sampling karena yang diteliti hanya satu
kelas. Instrumen penelitian dengan menggunakan tes tertulis dalam bentuk
Essay yang terdiri dari 10 soal.
Dari hasil analisis data maka diperoleh mean sebesar 84,20 dengan
standart deviasi 7,19. Sehingga dapat dikatakan hasil belajar siswa kelas XI Ak
SMK PAB 3 Medan Estate dikategorikan baik sekali karena berada pada interval
80 – 100. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji statistik t.
Berdasarakan hasil perhitungan uji hipotesis maka diperoleh t hitung > t tabel denga
hasil thitung 2,614 > ttabel 1,708 maka artinya Ha diterima. Dengan demikian
terdapat pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap hasil belajar
akuntansi siswa kelas XI Ak SMK PAB 3 Medan Estate tahun pelajaran
2019/2020.