Abstract:
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar dan siswa yang masih
kurang aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh pendekatan kontekstual dan keaktifan siswa terhadap prestasi belajar
siswa kelas XI-AK3 Tahun Pelajaran 2019/2020. Yang menjadi populasi dalam
penelitian ini yakni 4 kelas yang berjumlah 134 orang siswa, teknik pengambilan
sampel yaitu dengan purposive sampling sehingga yang menjadi sampel dalam
penelitian ini yaitu kelas XI AK-3, instrumen yang digunakan dalam penelitian ini
adalah tes tertulis berbentuk essay test berjumlah 10 soal yang telah divalidkan
dan sudah reliabel. Dari hasil analisis data, posttest diperoleh nilai rata-rata 84,54
dengan standar deviasi yaitu 21,80 dalam uji hipotesis menunjukkan bahwa = 15,657 dan bila dikonsultasikan dengan nilai tabel “t” pada taraf
signifikasi 0,05, dengan Dk= N-3=30 maka = 2,042. Dengan
membandingkan antara dan maka diperoleh (15,66>2,042) sehingga
hipotesis diterima. Kesimpulannya adalah adanya pengaruh pendekatan
kontekstual dan keanktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar akuntansi siswa
kelas XI AK-3 SMK Negeri 1 Medan Tahun Pelajaran 2019/2020.