Abstract:
Penelitian ini bertujua nuntuk mengetahui Pengaruh Keaktifan
Berorganisasi terhadap Kompetensi Interpersonal Mahasiswa Pendidikan
Akuntansi FKIP UMSU. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa
semester 6 Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Sampel yang digunakan sebanyak
82 orang dari 4 kelas yang ada. Metode penelitian ini merupakan penelitian
kuantitatif dengan instrumen pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner).
Peneliti membagi kedalam 2 kelompok yakni kelompok yang tidak aktif
berorganisasi dan kelompok yang aktif berorganisasi. Peneliti menerapkan teknik
analisis data dengan rumus uji –t. Berdasarkan data yang terkumpul dan hasil
pengelolahannya dapat disimpulkan terdapat perbedaan nyata antara kompetensi
interpersonal mahasiswa yang tidak aktif berorganisasi dengan mahasiswa yang
aktif berorganisasi. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis di atas dapat
diperoleh harga t hitung 9.04 dan selanjutnya t hitung ini dibandingkan dengan harga
t tabel dengan taraf signifikan α = 0.05 dengan (dk = n-2) (dk = 82-2 = 80), maka
diperoleh harga t tabel = 2.64. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diketahui
bahwa t hitung >t tabel (9.04 > 2.64) dengan demikian, dapat dikatakan bahwa hipotesis
Ha pada penelitian ini diterima.