Abstract:
Instagram merupakan suatu platform media sosial untuk mengakses kebutuhan informasi
terbaru. Penggunan media sosial instagram ini oleh sebagian orang terkadang lebih banyak
daripada penggunaan media cetak. Akun instagram @medantalk merupakan akun yang sering
menyajikan konten dari berita kriminalitas, kebakaran, bencana alam, kecelakaan, peristiwa
yang sedang trending dibicarakan di Kota Medan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui
seberapa besar pengaruh citra merek dan penggunaan media sosial Instagram secara bersamasama terhadap pemenuhan kebutuhan informasi followers @medantalk. Penelitian ini dilakukan
pada media sosial Instagram @medantalk dengan jumlah sampel sebanyak 204 followers akun
Instagram @medantalk yang berdomisili di Kota Medan dan sekitarnya. Analisa data yang
digunakan adalah uji regresi linier berganda menggunakan program SPSS For Windows versi
24.0. Hasil Uji analisis regresi linier berganda didapatkan persamaan regresi bahwa variabel
yang paling berpengaruh terhadap variabel kebutuhan informasi followers (Y) adalah variabel
citra merek (X1) bernilai positif sehingga dapat dikatakan bahwa semakin tinggi variabel citra
merek maka akan semakin tinggi pula kebutuhan informasi followers. sedangkan variabel
penggunaan instagram (X2) berpengaruh positif sehingga dapat dikatakan bahwa semakin tinggi
variabel penggunaan instagram maka akan semakin tinggi pula kebutuhan informasi follower.
Dengan demikian dapat dikatakan bahwa citra merek (X1) dan penggunaan instagram (X2)
secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap kebutuhan informasi (Y).