Abstract:
Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar siswa di SMP
Rahmat Islamiyah Medan, Penggunaan Model pembelajaran Pair Check ini
bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa dalam mata pelajaran
Agama Islam sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Pair
Check serta mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Pair Check
terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif
dengan menggunakan desain quasi eksperimen. Subjek yang diambil dari
penelitian ini adalah kelas VIII penelitian ini dipilih dua kelas yaitu kelas VIII A
berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan VIII D 30 siswa sebagai kelas
control. Penelitian ini dilakukan menggunakan beberapa teknik pengumpulan
data yaitu Tes dan Observasi, menggunakan Pree Test dan Post Test. Dari hasil
koefisien korelasi product moment person dengan tabel nilai “r” product moment
pada taraf signifikasi 5% dan 1% diperoleh rxy = 0,895 lebih besar dari rtabel baik
itu taraf signifikasi 5% dan 1% (0,514 dan 0,681) dengan formulasi
perbandingan yaitu (0,895 ≥ 0,514 dan 0,681 ). Maka dapat disimpulkan bahwa
“terdapat pengaruh penggunaan” antara Model pembelajaran Pair Check
terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Alquran Kelas VIII di SMP
Rahmat Islamiyah Medan.