Research Repository

Konsep Pendidikan Karakter Imam Alghazali (Studi Analisis Kitab Ihya Ulumuddin)

Show simple item record

dc.contributor.author Julianti
dc.date.accessioned 2020-12-17T03:22:03Z
dc.date.available 2020-12-17T03:22:03Z
dc.date.issued 2020-10-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14625
dc.description.abstract Dalam penelitian ini membahas tentang konsep pendidikan karakter menurut pemikiran Imam Al-Ghazali dalam kitab Ihya Ulumuddin. Kajiannya dilatarbelakangi oleh adanya dekadensi moral dan adanya penurunan nilai-nilai karakter yang akhir-akhir ini sering terjadi pada sebagian besar baik kalangan remaja, dewasa bahkan orang tua termasuk dikalangan pelajar khususnnya baik yang tinggalnya di daerah pedesaan maupun perkotaan. Banyak yang telah mengabaikan pembinaan karakter, padahal masalah karakter dalam individu setiap orang haruslah ditanamkan tidak boleh dianggap remeh. Karena karakter merupakan kunci perubahan individu, sosial, atau kesejahteraan dan kebahagiaan hakiki. Disamping itu kajian ini juga dimaksudkan untuk menjawab permasalahan Bagaimana pemikiran Imam Al-Ghazali tentang Konsep pendidikan Karakter. Skripsi ini merupakan jenis penelitian yang bersifat library Research atau studi kepustakaan. Data Primer dan sekunder diperoleh melalui penelitian kepustakaan dengan alat pengumpul data berupa metode dokumentasi. Setelah data terkumpul, selanjutnya dilakukan analisis. Adapun analisisnya dengan data kualitatif dengan dua langkah yaitu metode deduktif dan Induktif. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu; Pendidikan karakter menurut Imam Al-Ghazali adalah proses membimbing anak secara sadar dengan memberikan bekal ilmu pengetahuan yang disampaikan dalam bentuk pengajaran secara bertahap, sehingga menuju pendidikan diri kepada Allah sehingga menjadi manusia yang sempurna.pendidikan karakter lebih diorientasikan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dan memperoleh kebahagiaan dunia dan akhirat, karena itu dalam proses pendidikan menurut Imam Al-Ghazali hendaknya mampu mengembangkan karakter seperrti berpikir, keikhlasan, kesabaran, syukur, ketakutan dan harapan, kemurahan hati, kejujuran,cinta. Dalam pendidikan karakter nilai-nilai karakter lain yang harus dikembangkan yakni: karakter siswa yang mengutamakan penyucian jiwa dan Ibadah, tawakkal, ikhlas, solidaritas, cinta ilmu bermanfaat, jujur,kesederhanaan dan sikap lemah lembut.nilai-nilai sebagaiamana yang telah disampaikan oleh Imam Al-Ghazali dalam Kitab Ihya Ulumuddin. Dalam penelitian ini membahas tentang konsep pendidikan karakter menurut pemikiran Imam Al-Ghazali dalam kitab Ihya Ulumuddin. Kajiannya dilatarbelakangi oleh adanya dekadensi moral dan adanya penurunan nilai-nilai karakter yang akhir-akhir ini sering terjadi pada sebagian besar baik kalangan remaja, dewasa bahkan orang tua termasuk dikalangan pelajar khususnnya baik yang tinggalnya di daerah pedesaan maupun perkotaan. Banyak yang telah mengabaikan pembinaan karakter, padahal masalah karakter dalam individu setiap orang haruslah ditanamkan tidak boleh dianggap remeh. Karena karakter merupakan kunci perubahan individu, sosial, atau kesejahteraan dan kebahagiaan hakiki. Disamping itu kajian ini juga dimaksudkan untuk menjawab permasalahan Bagaimana pemikiran Imam Al-Ghazali tentang Konsep pendidikan Karakter. Skripsi ini merupakan jenis penelitian yang bersifat library Research atau studi kepustakaan. Data Primer dan sekunder diperoleh melalui penelitian kepustakaan dengan alat pengumpul data berupa metode dokumentasi. Setelah data terkumpul, selanjutnya dilakukan analisis. Adapun analisisnya dengan data kualitatif dengan dua langkah yaitu metode deduktif dan Induktif. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu; Pendidikan karakter menurut Imam Al-Ghazali adalah proses membimbing anak secara sadar dengan memberikan bekal ilmu pengetahuan yang disampaikan dalam bentuk pengajaran secara bertahap, sehingga menuju pendidikan diri kepada Allah sehingga menjadi manusia yang sempurna.pendidikan karakter lebih diorientasikan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dan memperoleh kebahagiaan dunia dan akhirat, karena itu dalam proses pendidikan menurut Imam Al-Ghazali hendaknya mampu mengembangkan karakter seperrti berpikir, keikhlasan, kesabaran, syukur, ketakutan dan harapan, kemurahan hati, kejujuran,cinta. Dalam pendidikan karakter nilai-nilai karakter lain yang harus dikembangkan yakni: karakter siswa yang mengutamakan penyucian jiwa dan Ibadah, tawakkal, ikhlas, solidaritas, cinta ilmu bermanfaat, jujur,kesederhanaan dan sikap lemah lembut.nilai-nilai sebagaiamana yang telah disampaikan oleh Imam Al-Ghazali dalam Kitab Ihya Ulumuddin. en_US
dc.subject Pendidikan Karakter en_US
dc.subject Kitab Ihya Ulumuddin en_US
dc.subject Imam Al-Ghazali en_US
dc.title Konsep Pendidikan Karakter Imam Alghazali (Studi Analisis Kitab Ihya Ulumuddin) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account