Abstract:
Dalam penelitian ini membahas tentang konsep pendidikan karakter menurut
pemikiran Imam Al-Ghazali dalam kitab Ihya Ulumuddin. Kajiannya dilatarbelakangi oleh
adanya dekadensi moral dan adanya penurunan nilai-nilai karakter yang akhir-akhir ini
sering terjadi pada sebagian besar baik kalangan remaja, dewasa bahkan orang tua
termasuk dikalangan pelajar khususnnya baik yang tinggalnya di daerah pedesaan maupun
perkotaan.
Banyak yang telah mengabaikan pembinaan karakter, padahal masalah karakter
dalam individu setiap orang haruslah ditanamkan tidak boleh dianggap remeh. Karena
karakter merupakan kunci perubahan individu, sosial, atau kesejahteraan dan kebahagiaan
hakiki. Disamping itu kajian ini juga dimaksudkan untuk menjawab permasalahan
Bagaimana pemikiran Imam Al-Ghazali tentang Konsep pendidikan Karakter.
Skripsi ini merupakan jenis penelitian yang bersifat library Research atau studi
kepustakaan. Data Primer dan sekunder diperoleh melalui penelitian kepustakaan dengan
alat pengumpul data berupa metode dokumentasi. Setelah data terkumpul, selanjutnya
dilakukan analisis. Adapun analisisnya dengan data kualitatif dengan dua langkah yaitu
metode deduktif dan Induktif.
Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu; Pendidikan karakter
menurut Imam Al-Ghazali adalah proses membimbing anak secara sadar dengan
memberikan bekal ilmu pengetahuan yang disampaikan dalam bentuk pengajaran secara
bertahap, sehingga menuju pendidikan diri kepada Allah sehingga menjadi manusia yang
sempurna.pendidikan karakter lebih diorientasikan untuk mendekatkan diri kepada Allah
SWT. Dan memperoleh kebahagiaan dunia dan akhirat, karena itu dalam proses
pendidikan menurut Imam Al-Ghazali hendaknya mampu mengembangkan karakter
seperrti berpikir, keikhlasan, kesabaran, syukur, ketakutan dan harapan, kemurahan hati,
kejujuran,cinta. Dalam pendidikan karakter nilai-nilai karakter lain yang harus
dikembangkan yakni: karakter siswa yang mengutamakan penyucian jiwa dan Ibadah,
tawakkal, ikhlas, solidaritas, cinta ilmu bermanfaat, jujur,kesederhanaan dan sikap lemah
lembut.nilai-nilai sebagaiamana yang telah disampaikan oleh Imam Al-Ghazali dalam
Kitab Ihya Ulumuddin.
Dalam penelitian ini membahas tentang konsep pendidikan karakter menurut
pemikiran Imam Al-Ghazali dalam kitab Ihya Ulumuddin. Kajiannya dilatarbelakangi oleh
adanya dekadensi moral dan adanya penurunan nilai-nilai karakter yang akhir-akhir ini
sering terjadi pada sebagian besar baik kalangan remaja, dewasa bahkan orang tua
termasuk dikalangan pelajar khususnnya baik yang tinggalnya di daerah pedesaan maupun
perkotaan.
Banyak yang telah mengabaikan pembinaan karakter, padahal masalah karakter
dalam individu setiap orang haruslah ditanamkan tidak boleh dianggap remeh. Karena
karakter merupakan kunci perubahan individu, sosial, atau kesejahteraan dan kebahagiaan
hakiki. Disamping itu kajian ini juga dimaksudkan untuk menjawab permasalahan
Bagaimana pemikiran Imam Al-Ghazali tentang Konsep pendidikan Karakter.
Skripsi ini merupakan jenis penelitian yang bersifat library Research atau studi
kepustakaan. Data Primer dan sekunder diperoleh melalui penelitian kepustakaan dengan
alat pengumpul data berupa metode dokumentasi. Setelah data terkumpul, selanjutnya
dilakukan analisis. Adapun analisisnya dengan data kualitatif dengan dua langkah yaitu
metode deduktif dan Induktif.
Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu; Pendidikan karakter
menurut Imam Al-Ghazali adalah proses membimbing anak secara sadar dengan
memberikan bekal ilmu pengetahuan yang disampaikan dalam bentuk pengajaran secara
bertahap, sehingga menuju pendidikan diri kepada Allah sehingga menjadi manusia yang
sempurna.pendidikan karakter lebih diorientasikan untuk mendekatkan diri kepada Allah
SWT. Dan memperoleh kebahagiaan dunia dan akhirat, karena itu dalam proses
pendidikan menurut Imam Al-Ghazali hendaknya mampu mengembangkan karakter
seperrti berpikir, keikhlasan, kesabaran, syukur, ketakutan dan harapan, kemurahan hati,
kejujuran,cinta. Dalam pendidikan karakter nilai-nilai karakter lain yang harus
dikembangkan yakni: karakter siswa yang mengutamakan penyucian jiwa dan Ibadah,
tawakkal, ikhlas, solidaritas, cinta ilmu bermanfaat, jujur,kesederhanaan dan sikap lemah
lembut.nilai-nilai sebagaiamana yang telah disampaikan oleh Imam Al-Ghazali dalam
Kitab Ihya Ulumuddin.