Abstract:
Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar siswa Pada
Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Rahmat Islamiyah Medan.
Sedangkan tujuan penelitian untuk mengetahui proses penerapan model
pembelajaran Circuit Learning pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam di
SMP Rahmat Islamiyah Medan, untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum
dan sesudah menggunakan model pembelajaran Circuit Learning pada mata
pelajaran pendidikan Agama Islam di SMP Rahmat Islamiyah Medan. Penelitian
ini termasuk jenis penelitian kuantitatif.Metode yang digunakan dalam penelitian
yaitu metode quasi eksperimen.Populasi dalam penelitian ini,adalah seluruh
siswa/i kelas VIII di Smp Rahmat Islamiyah Medan yang merupakan objek atau
sasaran dari penelitian ini.Subjek yang akan dipilih dalam penelitian ini
melibatkan satu kelas VIII-C yang berjumlah 32. Penelitian ini dilakukan
menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu Tes dan Observasi,
menggunakan Pree Test dan Post Test.Hasil penelitian berdasarkan perhitungan
uji hipotesis diperoleh 16,357 dan bila di konsultasikan dengan
nilai pada taraf signifikan 0,05 dan df = N-1, 32-1=31, maka
.Dengan membandingkan antara dengan dengan
kriteria 16,357 > 1,695) sehingga ditolak dan diterima.
Dengan kata lain terdapat pengaruh model pembelajaran Circuit Learning
berbantu media interaktif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran
Agama Islam kelas kelas VIII-C SMP Rahmat Islamiyah Meda tahun
Pembelajaran 2020/2021