Abstract:
Dalam penelitian ini yang menjadi rumusan masalah ialah bagaimana
meningkatkan motivasi belajar siswa dan apakah penggunaan metode Targhib
dan Tarhib efektif digunakan dalam meningkatkan motivasi siswa pada mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Swasta Rahmat Islamiyah Medan.
Metode Targhib dan Tarhib ini bertujuan untuk mendorong siswa agar lebih aktif
dan semangat dalam belajar dengan di berikannya Targhib atau pujian dan
Tarhib atau hukuman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
apakah penggunaan metode targhib dan tarhib efektif digunakan dalam
meningkatkan motivasi belajar siswa. Metode yang di gunakan adalah quasi
eksperimen dan proses penelitian yang dilakukan yaitu dengan cara observasi
dan penyebaran angket. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
VII SMP Swasta Rahmat Islamiyah Medan. Penelitian ini menggunakan kelas
kontrol dan kelas eksperimen, yang menjadi kelas kontrol yaitu kelas VII-A
sedangkan yang menjadi kelas eksperimen yaitu kelas VII-C dengan jumlah
responden masing-masing kelas 27 siswa. Alat ukur angketnya yaitu
menggunakan skla likert. Sebagaimana proses penelitian yang dilakukan maka
peneliti dapat menghasilkan sesuai dengan data yang diperoleh oleh peneliti dari
angket dan observasi maka menghasilkan nilai “ r ” product moment pada taraf
signifikan 5% dan 1% diperoleh bahwa rxy = 0,899 lebih besar dari rtabel baik itu
dari signifikan 5% dan 1% (0,3809 dan 0,3233) dengan formulasi perbandingan
yaitu (0,3809 dan 0,3233). Hasil penelitiannya adalah kelas ekperimen
mendapatkan nilai presentasi angket lebih besar dari kelas kontrol yaitu 85,66%
≥ 71,40% dan juga pada perhitungan korelasi antara dua variabel kelas kontrol
memperoleh nilai rxy =0,280 dan dikategorikan taraf korelasi antara kedua
variabel rendah sedangkan kelas eksperimen memperoleh nilai rxy = 0,389 dan
dikategorikan taraf korelasi antara dua variabel tinggi. Pada penelitian ini dapat
ditarik kesimpulan hasil perhitungan penelitian labih besar dari pada nilai “r”
product moment, maka hipotesis alternatif ( ) diterima dan hipotesis nihil ( )
ditolak. Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi pada kelas VII-C
terdapat 80,82% yang menunjukkan bahwa variabel X berpengaruh sangat efektif
pada variabel Y dan sisanya 19,18% dipengaruhi oleh faktor lainnya. Dengan
demikian, dapat disimpulkan bahwa “terdapat keefektifan antara penggunaan
metode Targhib dan Tarhib terhadap motivasi siswa pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam di SMP Swasta Rahmat Islamiyah Medan.