Abstract:
Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk menganalisis dan mengetahui
pengaruh Current Ratio terhadap Return On Assets, untuk menganalisis dan
menegetahui pengaruh Debt to Equity Ratio terhadap Return On Assets, Untuk
menganalisis dan menegetahui pengaruh Total Assets Turnover terhadap Return
On Assets, untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh Current Ratio,Debt to
Equity Ratio, Total Assets Turnover. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan
penelitian yang di lakukan terhadap perusahaan Property dan Real Estate yang
terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) priode 2016 sampai dengan 2019, maka
dapat disimpulkan ada pengaruh antara Current Ratio (CR) terhadap Return On
Assets (ROA). Berdasarkan penelitian yang di lakukan terhadap perusahaan
Property dan Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) priode
2016 sampai dengan 2019, maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh
antara Debt to Equity Ratio (DER) Terhadap Return On Assets (ROA).
Berdasarkan penelitian yang di lakukan terhadap perusahaan Property dan Real
Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) priode 2016 sampai dengan
2019, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara Total Assets Turnover
(TATO) Terhadap Return On Assets (ROA). Berdasarkan penelitian yang di
lakukan terhadap perusahaan Property dan Real Estate yang terdaftar di Bursa
Efek Indonesia priode 2016 sampai dengan 2019, maka dapat disimpulkan bahwa
ada pengaruh secara simultan antara Current Ratio (CR), Debt to Equity Ratio
(DER) dan Total Assets Turnover (TATO) Terhadap Return On Assets (ROA).
Nilai R-Squares adalah sebesar 20,5 % hal ini berarti bahwa 20,5 % variasi nilai
Return On Assets ditentukan oleh peran dari variasi nilai Current Ratio, Debt to
Equity Ratio Total Asset Turnover. Dengan kata lain kontribusi Current Ratio,
Debt to Equity Ratio Total Asset Turnover dalam mempengaruhi Return On
Assets adalah sebesar 20,5% sedangkan sisanya 62,3% adalah dipengaruhi oleh
variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini seperti struktur aktiva dan
pertumbuhan penjualan.