Abstract:
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh model pembelajaran
probing prompting terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah
akhlak di MTs.S YPII Kotarih. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif,
sampel penelitian ini diambil dari siswa kelas VIIB yang berjumlah 30 orang ,
penelitian ini dilakukan dengan beberapa teknik pengumpulan data yaitu, tes dan
lembar observasi . Sedangkan teknik analisis datanya adalah analisis kuantitaif
dengan uji hipotesis. Setelah data terkumpul lalu dihitung dengan menggunakan
teknik korelasi product-moment, dengan menghasilkan perolehan sebagai berikut
: dari hasil koefisien product-moment dengan tabel nilai “r” product moment
pada taraf 5% dan 1% diperoleh bahwa rxy = 0,701lebih besar dari pada rtabel
baik itu dari taraf signifikan 5% (0,361) dan 1% (0,463) dengan formulasi
bandingan yaitu 0.701 ≥ 0,361dan 0,463. Maka (Ha) diterima. Dapat disimpulkan
bahwa terdapat pengaruh positif antara model pembelajaran probing prompting
terhadap hasil belajar siswa di MTs.S YPII Kotarih