Abstract:
Pokok masalah skripsi ini adalah proses manajemen kurikulum Pendidikan
Agama Islam di SMP Negeri 1 Marbau Kabupaten Labuhan Batu Utara. Tujuan
penelitin ini adalah untuk mengetahui bagaimana perencanaan kurikulum Pendidikan
Agama Islam di SMP Negeri 1 Marbau, untuk mengetahui bagaimanan
pengorganisasian kurikulum Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Marbau, untuk
mengetahui bagaimana pelaksanaan kurikulum Pendidikan Agama Islam di SMP
Negeri 1 Marbau, untuk mengetahui bagaimana evaluasi kurikulum Pendidikan Agama
Islam di SMP Negeri 1 Marbau.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini
adalah kepala sekolah SMP Negeri 1 Marbau, wakil kepala sekolah bidang kurikulum,
staf tata usaha, staf administrasi dan guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di
SMP Negeri 1 Marbau. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan
sistem wawancara observasi serta pencermatan dokumen.
Hasil penelitian yang diperoleh yaitu : Perencanaan kurikulum Pendidikan
Agama Islam di SMP Negeri 1 Marbau dilakukan dengan pembentukan tim
pengembangan kurikulum yang ditetapkan kepala sekolah dengan melakukan rapat
tenaga kerja akhir semester, guru wajib menyediakan silabus, program tahunan,
program semester dan RPP. Pengorganisasian kulikulum Pendidikan Agama Islam di
SMP negeri 1 Marbau menggunakan (subject curiiculum) untuk mempermudah siswa
mempelajarai bahan pelajaran, pelaksanaan kurikulum di SMP Negeri 1 Marbau
menggunakan pendekatan saintifik dan model pembelajaran berupa Contextual
Teaching and Learning ( CTL). Evaluasi kurikulum di SMP Negeri 1 Marbau dilakukan
dengan sistem pengawasan oleh dinas pendidikan terhadap sekolah untuk mengetahui
pengembangan program pembelajaran. Setelah itu tim melakukan evaluasi yaitu hasil
pembelajaran, kurikulum, sarana dan prasarana sekolah, SDM ( tenaga pendidik dan
kependidikan