Abstract:
Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1). Untuk mengidentifikasi dan menganalisis
Faktor – faktor internal dan eksternal apa saja yang Dilingkungan perusahaan . 2). Untuk
mengetahui bagaimana strategi Pengembangan Usaha Perkebunan salak di CV Sinar
Ponti Tiga Juhar Farm.
Kesimpulan diperoleh hasil sebagai berikut: 1). Factor internal yang terdapat
dilingkungan perusahaan faktor kekuatan terdiri dari: Produk yang dihasilkan berkualitas,
lahan milik sendiri, adanya hubungan kerja sama yang baik dengan pihak pedagang atau
agen salak, SDM tersedia cukup banyak. Faktor ancaman yang dimiliki oleh perusahaan
terdiri dari : Ketersediaan Modal, terbatasnya tenaga ahli didalam lingkungan perusahaan,
belum ada pengolahan lanjutan terhadap buah salak. 2). Faktor eksternal yang dimiliki
oleh perusahaan terdiri dari peluangan dan ancaman, faktor peluang meliputi: Adanya
supot dari pemerintah setempat guna mengembangkan usahatani salak, permintaan pasar
yang tinggi, lokasi usaha yang strategis dan termasuk komodi ekspor. Sedangkan untuk
fakto ancaman yang dimiliki perusahaan terdiri dari: harga input produksi yang fluktuatif,
musim Trek Buah, serangan penyakit terhadap tanaman salak dan perubahan iklim. 2).
Bentuk Strategi yang digunakan dalam usaha pengembangan usaha perkebunan salak di
CV Sinar Ponti Farm Tiga Juhar menggunakan Strategi S O (Strength and Opportunities).
Strategi ini menggunakan kekuatan yang dimiliki perusahaan untuk mengatasi ancaman.
Strategi ST menggunakan kekuatan internal perusahaan untuk menghindari atau
mengurangi dampak ancaman eksternal. Berikut adalah bentuk strategi yang ditawarkan