Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah brand image dan
media promosi secara simultan dan parsial berpengaruh positif dan signifikan
terhadap keputusan pembelian parfum IM di Universitas Muhammadiyah
Sumatera Utara. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
dilakukan menggunakan kuesioner dengan membagikan daftar pernyataan
kepada responden sebanyak 100 responden melalui bantuan program SPSS versi
22,. Uji statistic F dilakukan untuk mengetahui hipotesis diterima atau ditolak,
apakah variable bebas (independent) secara bersama-sama berpengaruh
signifikan atau tidak terhadap variable terikat (dependen) dan sekaligus juga
untuk menguji hipotesis kedua. Kriteria pengisiannya dengan menentukan nilai
Fhitung dan Ftabel perhitungannya yaitu Ftabel dk = 99 – 2 – 1 = 96,α = 5% = 0,05
Ftabel = 3,090. Ketentuannya jika nilai probabilitas F (sig) pada table Anova <α =
0,05 maka H0 ditolak. Dimana Ftabel = 3,090. Untuk variabel brand image
terhadap keputusan pembelian (Y) menunjukan 4,748 berarti thitung 4,748 > ttabel
1,660 dan signifikan t lebih kecil dari 0,05 (0,091 < 0,05) maka H0 ditolak, Ha ini
diterima menunjukan bahwa secara parsial brand image berpengaruh positif dan
signifikan terhadap keputusan pembelian parfum IM di Universitas
Muhammadiyah Sumatera Utara. Hasil pengujian media promosi (X2) terhadap
keputusan pembelian (Y) menunjukkan 3,619 berarti thitung 3,619 > ttabel 1,660
dan signifikan t lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05) maka H0 di tolak Ha diterima
ini menunjukkan bahwa secara parsial media promosi berpengaruh positif
terhaap keputusan pembelian parfum IM di Universitas Muhammadiyah
Sumatera Utara.