Abstract:
Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif untuk menjelaskan
potensi ekonomi Agrowisata Kebun Madu Efi dan analisis SWOT (Strengths,
Weaknesses, Opportunities, and Threats) untuk melihat lingkungan internal yaitu
kekuatan dan kelemahan serta lingkungan eksternal yaitu peluang dan ancaman
Agrowisata Kebun Madu Efi kemudian dirumuskan lah formulasi strategi
Agrowisata Kebun Madu Efi. Hasil penelitian menunjukkan potensi dan strategi
pengembangan sebagai berikut, agrowisata melakukan pemanfaatan terhadap
sumber daya alam yang dirubah menjadi agrowisata yang mempunyai nilai
ekonomi, terdapatnya peranan masyarakat terhadap agrowisata serta beberapa
strategi alternatif Agrowisata Kebun Madu Efi strategi S-O seperti Melakukan
pengembangan produk dengan memanfaatkan kualitas produk dan produk yang
bervariasi, Melakukan penjemputan terhadap pengunjung yang melakukan
penginapan terhadap agrowisata Kebun Madu Efi, strategi S-T seperti Melakukan
promosi secara kontinyu dengan pembuatan browser, banner serta pemanfaatan
media sosial guna menunjukkan eksistensi agrowisata, strategi W-O seperti
Optimalisasi Agrowisata degan melakukan pengembangan serta ciri khas, dan
Strategi W-T seperti Menawarkan potongan harga (discount) pada pemesanan
produk atau fasilitas wisata untuk setiap produk. Strategi yang menjadi strategi
prioritas untuk diterapkan adalah strategi S-O yaitu Melakukan pengembangan
produk dengan memanfaatkan kualitas produk dan produk yang bervariatif dan
Melakukan penjemputan terhadap pengunjung yang melakukan melakukan
penjemputan terhadap pengunjung yang melakukan penginapan.