Abstract:
Hadirnya layanan berbasis online mengubah cara konsumen dalam mengkonsumsi konten
media. Ini menjadi tantangan dan juga peluang bagi pelaku media konvensional. Tidak
terkecuali bagi media televisi. Untuk dapat merebut perhatian pemirsa, media penyiaran
televisi harus memiliki stategi komunikasi pemasaran yang tepat berdasarkan segmentasi dan
kebutuhan pemirsa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi
pemasaran iNews TV Sumut dalam meningkatkan segmentasi pemirsa. Teori yang digunakan
adalah bauran pemasaran, bauran promosi, segmentasi pemirsa dan teori segmentasi,
targeting, positioning (STP). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek
dalam penelitian ini adalah tim yang terlibat dalam memasarkan program iNews TV Sumut,
diperoleh enam informan. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi serta
dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah dalam merebut pasar pemirsa, iNews TV Sumut
menerapkan serangkaian langkah yang terdiri atas tiga tahap, yaitu segmentasi, targeting,
dan positioning (STP). iNews TV Sumut menerapkan konsep bauran pemasaran (marketing
mix) yang terdiri dari produk/ product, harga/ price, tempat/place/,promosi/promotion,
orang/people, proses /process dan bukti fisik/physical evidence. Inews TV Sumut juga
menerapkan bauran promosi (promotion mix) yang terdiri dari periklanan/advertising,
promosi penjualan/sales promotion/humas/ public relation, penjualan tatap muka/personal
selling, pemasaran langsung/direct marketing dan interaktif media/interactive media.
Pensegmentasian pemirsa iNews TV Sumut dilakukan berdasarkan demografis, geografis,
dan psikografis