Abstract:
Pendidikan Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata
pelajaran Pendidikan Pancasila dan kewarganegraan di SMP Negeri 2 Galang. Latar Belakang
penelitian ini adalah karena pengajaran disekolah masih kepada guru, sehingga dalam proses
pembelajaran, guru masih berdominasi dan juga menjadi pusat dalam kegiatan pembelajaran
sehingga siswa menjadi pasif.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). PTK ini dilakukan dua siklus. Siklus
pertama dilakukan dalam 2 kali pertemuan. Siklus kedua dilakukan 2 kali pertemuan. Subyek
penelitian ini adalah adalah peneliti sendiri dan dibantu oleh guru Mata Pelajaran PPKn SMP
Negeri 2 Galang. Metode Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan Tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Inquiri dalam Mata
pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan telah berhasil meningkatkan keaktifan
belajar siswa kelas VIII E SMP Negeri 2 Galang. Peningkatan kekatifan belajar tersebut dicapai
melalui 2 siklus. Hasil tersebut dilihat dari peningkatan yang dilihat dari lembar observasi
keaktifan siswa pada setiap pertemuan. Berdasarkan hasil observasi keaktifan siswa dalam
pelaksanaan pembelajaran terlihat pada siklus satu keaktifan siswa mencapai… dan pada siklus
dua naik mencapai…. dan hasil belajar siswa sudah mencapai nilai rata rata.