Research Repository

Penerapan Model Pembelajaran Inquiri Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran PPKn di SMP Negeri 2 Galang TA 2019/2020

Show simple item record

dc.contributor.author Cahaya, Dinda
dc.date.accessioned 2020-12-03T03:11:47Z
dc.date.available 2020-12-03T03:11:47Z
dc.date.issued 2020-10-27
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14381
dc.description.abstract Pendidikan Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan kewarganegraan di SMP Negeri 2 Galang. Latar Belakang penelitian ini adalah karena pengajaran disekolah masih kepada guru, sehingga dalam proses pembelajaran, guru masih berdominasi dan juga menjadi pusat dalam kegiatan pembelajaran sehingga siswa menjadi pasif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). PTK ini dilakukan dua siklus. Siklus pertama dilakukan dalam 2 kali pertemuan. Siklus kedua dilakukan 2 kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah adalah peneliti sendiri dan dibantu oleh guru Mata Pelajaran PPKn SMP Negeri 2 Galang. Metode Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan Tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Inquiri dalam Mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan telah berhasil meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VIII E SMP Negeri 2 Galang. Peningkatan kekatifan belajar tersebut dicapai melalui 2 siklus. Hasil tersebut dilihat dari peningkatan yang dilihat dari lembar observasi keaktifan siswa pada setiap pertemuan. Berdasarkan hasil observasi keaktifan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran terlihat pada siklus satu keaktifan siswa mencapai… dan pada siklus dua naik mencapai…. dan hasil belajar siswa sudah mencapai nilai rata rata. en_US
dc.subject Model Inquiri en_US
dc.subject Keaktifan en_US
dc.title Penerapan Model Pembelajaran Inquiri Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran PPKn di SMP Negeri 2 Galang TA 2019/2020 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account