Research Repository

Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Peningkatan Percaya Diri Siswa Kelas X SMA Yayasan Pendidikan Keluarga Medan Tahun Ajaran 2019/2020

Show simple item record

dc.contributor.author Hawayana, Sindi Fitria
dc.date.accessioned 2020-12-03T02:27:56Z
dc.date.available 2020-12-03T02:27:56Z
dc.date.issued 2020-11-13
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14370
dc.description.abstract Bimbingan Kelompok adalah proses pemberian bantuan kepada individu melalui suasana kelompok (dinamika kelompok) yang memungkinkan setiap anggota untuk berpartisipasi aktif dan berbagai pengalaman dalam upaya pengembangan wawasan, sikap dan keterampilan yang diperlukan dalam upaya mencegah timbulnya masalah atau dalam upaya pengembangan pribadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok dalam Peningkatkan Percaya Diri Siswa kelas X SMA Yayasan Pendidikan Keluarga Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA dengan jumlah 6 orang siswa yang diambil melalui teknik purposive sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang dipakai adalah mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok mampu meningkatkan Percaya Diri Siswa kelas X SMA Yayasan Pendidikan Keluarga Medan Tahun Ajaran 2019/2020.Wawancara dan juga observasi yang dilakukan pada siswa menunjukkan peningkatan percaya diri siswa pada saat sebelum dilakukan tindakan BK yaitu layanan Bimbingan Kelompok. Seluruh siswa yang menjadi objek penelitian mengalami peningkatan percaya diri dari sebelum diberikannya layanan Bimbingan Kelompok. en_US
dc.subject Layanan Bimbingan Kelompok en_US
dc.subject Percaya Diri en_US
dc.title Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Peningkatan Percaya Diri Siswa Kelas X SMA Yayasan Pendidikan Keluarga Medan Tahun Ajaran 2019/2020 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account