Abstract:
Bimbingan Kelompok adalah proses pemberian bantuan kepada individu melalui
suasana kelompok (dinamika kelompok) yang memungkinkan setiap anggota
untuk berpartisipasi aktif dan berbagai pengalaman dalam upaya pengembangan
wawasan, sikap dan keterampilan yang diperlukan dalam upaya mencegah
timbulnya masalah atau dalam upaya pengembangan pribadi. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok dalam
Peningkatkan Percaya Diri Siswa kelas X SMA Yayasan Pendidikan Keluarga
Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X
SMA dengan jumlah 6 orang siswa yang diambil melalui teknik purposive
sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan
wawancara. Teknik analisis data yang dipakai adalah mereduksi data, penyajian
data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat
disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok mampu meningkatkan Percaya
Diri Siswa kelas X SMA Yayasan Pendidikan Keluarga Medan Tahun Ajaran
2019/2020.Wawancara dan juga observasi yang dilakukan pada siswa
menunjukkan peningkatan percaya diri siswa pada saat sebelum dilakukan
tindakan BK yaitu layanan Bimbingan Kelompok. Seluruh siswa yang menjadi
objek penelitian mengalami peningkatan percaya diri dari sebelum diberikannya
layanan Bimbingan Kelompok.