Abstract:
Layanan bimbingan kelompok merupakan suatu cara memberikan bantuan
(bimbingan) kepada individu (siswa) melalui kegiatan kelompok. Adapun tujuan
dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan manajemen waktu siswa. Penelitian
ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 47 Sunggal. Penelitian ini merupakan
penelitian kualitataif dengan objek peneliti adalah kelas VIII sebanyak 8 siswa
yang kurang mampu meningkatkan manajemen waktu. Proses pengambilan data
dilakukan selama tiga minggu yakni pada bulan Juli-Agustus 2019, dengan teknik
pengumpulan data, observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang
dilakukan: penerapan layanan bimbingan kelompok dengan teknik kontrak
perilaku untuk meningkatkan manajemen waktu yang dilakukan oleh peneliti
berjalan dengan optimal dan berhasil meningkatkan manajemen waktu siswa
dilihat dari hasil observasi dan wawancara. dan hal ini terbukti yang tadinya
manajemen waktunya rendah dan sekarang menjadi meningkat manajemen
waktunya. Maka dapat disimpulkan bahwa di sekolah tersebut sudah diterapkan
layanan bimbingan kelompok dengan teknik kontrak perilaku untuk meningkatkan
manajemen waktu siswa khususnya di kelas VIII yang terdapat beberapa siswa
yang mengalami masalah manajemen waktu yang rendah. dengan demikian
bimbingan dan konseling sangat berperan penting.