Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menulis teks observasi
Siswa Kelas VII SMP Islam Terpadu AL- Husnayain Tahun Ajaran
2020/2021,Untuk Mengetahui Model Pembelajaran TreffigerSiswa Kelas VII
SMP Islam Terpadu AL-Husnayain Tahun Ajaran 2020/2021 dan Untuk
Mengetahui pengaruh model pembelajaran TreffigerTerhadap Kemampuan
Menulis Teks 0bservasi Siswa Kelas VII SMP IslamTerpadu AL-Husnayain
Tahun Ajaran2020/2021.Penelitian IniDilaksanakanDi sekolah MenengahSMP
Islam Terpadu AL-Husnayain Tahun Ajaran 2020/2021. Dari Hasil Penelitian
Dapat Disimpulkan Bahwa Nilai Rata-rata Siswa Yang Menggunakan Model
Pembelajaran Treffiger Lebih Tinggi dibandingkan nilai rata-rata siswa tanpa
menggunakan pembelajaran treffiger yaitu 95,97 dibanding 76,84. Nilai tertinggi
yang diperoleh siswa yang menggunakan model pembelajarantreffigeradalah 100.
Nilai tertinggi yang diperoleh siswa tanpa menggunakan pembelajaran treffiger
adalah 83. Dari PenelitianTersebut, Diperoleh bahwa terdapat perbedaan pada
penggunaan strategi pembelajaran treffiger dan tanpa menggunakan model
pembelajaran treffiger ini dibuktikan oleh hasil T hitung>T tabel atau8,33> 1,669.
Dengan Demikian Ha diterima maka dengan kata lain adanya pengaruh model
pembelajaran treffiger terhadap kemampuan menulis teks observasi pada siswa
kelas vii smpislam terpadu al-husnayain tahun ajaran 2020/2021.