Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis model pembelajaran
kooperatif rotating trio exchange (rte) dalam meningkatkan hasil belajar
Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metodologi penelitian Library
Research / Tinjauan Pustaka, dengan menganalisis 10 jurnal karya ilmiah sebagai
sumber data yang berhubungan dengan model pembelajaran kooperatif tipe
Rotaing Trio Exchange (RTE). Penelitian ini menggunakan instrument penelitian
human instrument dengan melakukan pengumpulan data, menganalisis data dan
menilai kualitas data. Mengumpulkan data menggunakan observasi dan
dokumentasi tentang model pembelajaran kooperatif tipe Rotaing Trio Exchange
(RTE) . Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh dari hasil penelitian
sebelumnya menyatakan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Rotaing Trio
Exchange (RTE) sangat layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar
terbukti dari hasil belajar yang meningkat. Peneliti menyimpulkan bahwasanya
analisis yang telah dilakukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Rotaing
Trio Exchange (RTE) dapat meningkatkan hasil belajar.