Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh
Pemahaman Ekonomi Islam Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Program
Studi Manajemen Bisnis Syariah. Adapun Populasi yang digunakan dalam
penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa Program Studi Manajemen Bisnis
Syariah Semester VIII. Sedangkan sampel yang diambil sebanyak 43 orang
mahasiswa dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yang digunakan
adalah Total Sampling. Teknik analisa data menggunakan uji validitas data, uji
reliabilitas data, uji asumsi klasik, uji regresi sederhana dan uji hipotesis, uji
determinasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemahaman ekonomi Islam
tidak berpengaruh terhadap Perilaku Konsumtif yang dinyatakan dengan hasil
perhitungan Thitung < Ttabel atau -0,482 < 1,692, nilai signifikan 0.633 > 0.05 maka
Ho diterima dan Ha ditolak. Berdasarkan uji Determinasi Nilai R Square sebesar
0,007 atau 0,7% variabel Perilaku Konsumtif (Y) dipengaruhi oleh pemahaman
ekonomi Islam (X). Sementara sisanya sebesar 0,7% dipengaruhi oleh variabel
yang tidak diteliti dalam penelitian ini.