Abstract:
Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1). Menganalisis
karakteristik konsumen dalam pembelian ikan guppy. 2.). Menganalisis perilaku
konsumen dalam pembelian ikan guppy. Lokasi penelitian diambil secara purposive
yaitu dengan sengaja di Jalan Mentawai Kecamatan Medan Kota. Teknik sampling
yang digunakan dalam skripsi ini yaitu accidental sampling. Sampel dalam penelitian
ini diambil sebanyak 30 orang. Untuk rumusan masalah yang pertama dan kedua
menggunakan metode Analisis Deskriptif.
Hasil penelitian diperoleh sebagai berikut: 1.Karakteristik konsumen
digolongkan menjadi beberapa karakterisitik antara lain: usia, jumlah anggota
keluarga, tingkat pendidikan dan tingkat pendapatan. konsumen ikan hias guppy
didominasi oleh laki-laki, Pada penelitian ini rata-rata usia konsumen ikan hias
guppy berada pada usia 25 tahun, umumnya jenjang pendidikan formal yang
ditempuh oleh konsumen ikan hias guppy berada pada jenjang SMA, rata-rata
pendapatan responden perbulannya adalah sebesar Rp.3.000.000. Faktor yang
mempengaruhi perilaku konsumen dalam melakukan pembelian ikan hias guppy
digolongkan menjadi 2 yaitu: faktor pribadi dan faktor psikologi. Nilai skor rata-rata
dari masing-masing faktor adalah sebagai berikut: faktor pribadi 4.13 dan faktor
psikologi sebesar 3,37 dari nilai diatas dapat disimpulkan bahwa ke 2 faktor tersebut
berdasarkan pada kriteria setuju terhadap perilaku konsumen