Research Repository

Analisis Pemasaran dan Strategi Pengembangan Usaha Ikan Mas ( Studi Kasus di Desa Kwala Simeme Kota Delitua)

Show simple item record

dc.contributor.author Siregar, Riska Apri Arianti
dc.date.accessioned 2020-12-02T02:24:49Z
dc.date.available 2020-12-02T02:24:49Z
dc.date.issued 2020-11-19
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14329
dc.description.abstract Penelitian ini memiliki masalah bagaimana margin pemasaran dan efisiensi pemasaran ikan mas di Desa Kwala Simeme dan bagaimana strategi pemasaran ikan mas di Desa Kwala Simeme. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis margin pemasaran dan efisiensi pemasaran ikan mas di Desa Kwala Simeme dan untuk menganalisis strategi pemasaran ikan mas di Desa Kwala Simeme. Penelitian ini berlokasi di Desa Kwala Simeme Kecamatan Namorambe, Kabupaten Deli Serdang. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis margin pemasaran, efisiensi pemasaran dan SWOT. Bedasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan untuk margin pemasaran ikan mas dapat diketahui harga jual di tingkat petani Rp. 28.000/Kg dan harga jual sampai ke konsumen akhir yaitu Rp. 40.000/Kg yang artinya selisih harga antara peternak ke konsumen yaitu Rp. 12.000/Kg tingkat efisiensi pemasaran ikan mas di Desa Kwala Simeme yaitu 11,5% yang artinya pemasaran ikan mas di Desa Kwala Simeme efisien. Dan analisis lingkungan internal budidaya ikan mas di Desa Kwala Simeme Kecamatan Namorambe Kabupaten Deli Serdang terdapat beberapa kekuatan dan kelemahan yaitu kekuatan (strength): harga ikan mas stabil, dan lokasi yang strategis. Kelemahan (weakness): keterbatasan modal, dan penerapan teknologi yang kurang, sedangkan pada faktor eksternal budidaya ikan mas terdapat beberapa peluang (opportunity): memiliki konsumen tetap, dan SDM yang berpengalaman. Ancaman (threats): banyak pembudidaya jenis ikan yang sama dan banyak pesaing jenis ikan lain. Saran yang dapat penulis simpulkan dalam penelitian ini yaitu diharapkan kepada para petani ikan mas yang ada di Desa Kwala Simeme lebih meningkatkan penjualan dengan memanfaatkan media sosial yang ada, tetap mempertahankan kualitas produk yang di pasarkan, serta memberikan kenyamanan kepada para konsumen. Dan diharapkan kepada pemerintah dapat memberikan peran dalam meningkatkan pengetahuan para petani ikan mas sehingga dapat meningkatkan hasil produksi ikan. Petani perlu mencari informasi pasar dengan cara mencari tahu informasi di media sosial atau secara langsung turun ke pasar sehingga dapat di gunakan untuk menentukan harga, jumlah dan mutu produk yang dihasilkan. Dan para petani seharusnya bisa menjalin kerjasama investasi atau pinjaman modal guna untuk mengembangkan dan meningkatkan usaha budidaya ikan mas. en_US
dc.subject Ikan Mas en_US
dc.subject Analisis Pemasaran en_US
dc.subject Strategi Pemasaran en_US
dc.title Analisis Pemasaran dan Strategi Pengembangan Usaha Ikan Mas ( Studi Kasus di Desa Kwala Simeme Kota Delitua) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account