Abstract:
layanan penguasaan konten merupakan suatu program layanan bimbingan
dan konseling yang mendorong individu untuk memahami dan mengembangkan
sikap dan kebiasaan belajar yang baik sehingga memiliki kemampuan dan
keterampilan dalam kehidupan sehari-harinya terutama dalam hal kemandirian
belajar. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan belajar
mandiri siswa . penelitian dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 58 Sukaramai
Medan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan dengan
subjek yaitu peneliti dan guru BK, dan objek penelitian ini adalah siswa kelas VII
A SMP Muhammadiyah 58 Sukaramai medan Tahun Pembelajaran 2018/2019
sebanyak 10 orang siswa yang kurang kemandirian belajarnya. Proses
pengambilan data selama tiga minggu juli-agustus 2019 dengan teknik
pengumpulan data, observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang
dilaksanakan : melalui penerapan layanan penguasaan konten dengan
menggunakan mind mapping untuk meningkatkan belajar mandiri siswa yang
dilakukan oleh peneliti berjalan dengan optimal dan dapat meningkatkan belajar
mandiri siswa, yang sebelumya kurang mandiri dapat dilihat dari hasil observasi
dan wawanacara. Dan hal itu terbukti pada perubahan siswa yang sebelumnya
kurang kemandirian belajarnya menjadi lebih meningkatkan kemandirian
belajarnya, karena kurangnya kemandirian belajar siswa berdampak buruk bagi
siswa menjadikan siswa ketergantungan pada orang lain jika menghadapi masalah
dan kurang bertangung jawab. Perubahan siswa tersebut setelah pelaksanaan
layanan penguasaan dalam pencapaian sasaran yang dilakuan bersama antara
siswa dan guru BK mencapai 91, 00 0/0. Dengan demikian peran guru BK di
sekolah sangat penting.