Abstract:
Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1). Untuk mengetahui bagaimana pengaruh
harga cabai merah keriting, tingkat pendapatan, jumlah tanggungan dan tingkat
pendidikan konsumen terhadap permintaan cabai merah keriting di Pasar Horas
Kota Pematangsiantar.
Penentuan daerah penelitian yang dilakukan secara sengaja (purposive)
yaitu di Pasar Horas Kota Pematangsiantar. Teknik penentuan sampel yang
digunakan adalah aksidental sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah
sebanyak 30 orang konsumen cabai merah keriting di pajak horas, karena menurut
sugiyono 2010 jumlah sampel sebanyak 30 orang sudah bisa dilakukan untuk
pengujian statistik.
Berdasarkan hasil uji statistik diperoleh nilai f-hitung = 8,926 pada taraf
tingkat kepercayaan 95% (α = 0,05). Oleh karena itu f hitung > f tabel atau 8,926
> 2,98 berarti diterima dan ditolak. Hal ini menunjukkan variabel bebas harga
cabai merah keriting (X1), pedapatan konsumen (X2), jumlah anggota keluarga
(X3) dan tingkat pendapatan (X4). Secara simultan berpengaruh secara signifikan
terhadap permintaan cabai merah keriting. Dari hasil uji t diperoleh hanya harga cabai
merah keriting (X1) tingkat pendapatan (X2) dan jumlah anggota keluarga (X3) yang
berpengaruh signifikan terhadap permintaan cabai merah keriting sedangkan variabel
tingkat pendidikan (X3) tidak berpengaruh nyata terhadap permintaan cabai merah
keriting.