Abstract:
Bimbingan kelompok adalah proses penerima bantuan kepada individu melalui
suasana kelompok yang memungkinkan setiap anggota kelompok untuk
berpartisipasi aktif dan berbagai pengalaman dalam upaya pengembangan
wawasan, sikap, dan keterampilan yang diperlukan dalam upaya pengembangan
pribadi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana layanan bimbingan
kelompok dengan teknik modeling untuk peningkatan efikasi diri siswa kelas XI
SMK Bina Satria Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui layanan bimbingan kelompok dengan teknik modeling
untuk peningkatan efikasi diri siswa kelas XI SMK Bina Satria Medan tahun
Ajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
penelitian deskriptif. Objek penelitian ini sebanyak 6 siswa kelas XI TKR 2 yang
memiliki ciri-ciri efikasi diri rendah. Sample yang digunakan adalah teknik
purposive sampling. Instrumentasi pengumpulan data dalam penelitian ini,
wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dengan diterapkanya
Layanan Bimbingan Kelompok Teknik modelling Siswa Kelas XI SMK Bina
Satria Medan Tahun Ajaran 2019/2020 terjadi peningkatan Efikasi Diri.
Berdasarkan hasil penelitian dapat digambarkan bahwa karakter mandiri siswa
telah meningkat.