Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) Pendidikan
kewirausahaan terhadap minat berwirausaha pada Mahasiswa Pendidikan
Akuntansi FKIP UMSU 2015-2017, (2) Efikasi diri terhadap minat berwirausaha
pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi FKIP UMSU 2015-2017, (3) Kesiapan
instrumentasi wirausaha terhadap minat berwirausaha pada Mahasiswa
Pendidikan Akuntansi FKIP UMSU 2015-2017, (4) Pendidikan kewirausahaan,
efikasi diri dan kesiapan instrumentasi wirausaha secara bersama-sama terhadap
minat berwirausaha pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi FKIP UMSU 2015-
2017.Penelitian ini termasuk penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini
adalah 189 mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Pendidikan
Akuntansi FKIP UMSU 2015-2017 yang sudah menempuh mata kuliah
Kewirausahaan dengan sampel penelitian sejumlah 119 responden. Pengambilan
sampel menggunakan teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Teknik
pengumpulan data penelitian dilakukan melalui kuesioner. Uji prasyarat analisis
meliputi uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, dan uji Autokorelasi.
Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi linier berganda, uji
parsial (t) dan uji simultan (F).Hasil penelitian menunjukkan: (1) Ada pengaruh
pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha pada Mahasiswa,
ditunjukkan dengan nilai t hitung sebesar 1,703 dimana lebih besar dari pada nilai
t tabel yaitu sebesar 1,65798 dengan nilai signifikansi sebesar 0,003 lebih kecil
dari pada 0,05 serta memiliki nilai koefisien regresi sebesar 1,671., (2) Ada
pengaruh efikasi diri terhadap minat berwirausaha pada Mahasiswa, ditunjukkan
dengan nilai t hitung sebesar 3,324 dimana lebih besar dari pada nilai t tabel yaitu
sebesar 1,65798 dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 lebih kecil dari pada 0,05
serta memiliki nilai koefisien regresi sebesar 0,285., (3) Ada pengaruh kesiapan
instrumentasi wirausaha terhadap minat berwirausaha pada, ditunjukkan dengan
nilai t hitung sebesar 3,734 dimana lebih besar dari pada nilai t tabel yaitu sebesar
1,65798 dengan nilai signifikansi sebesar 0, 000 lebih kecil dari pada 0,05 serta
memiliki nilai koefisien regresi sebesar 0,244, (4) Ada pengaruh Pendidikan
kewirausahaan, efikasi diri dan kesiapan instrumentasi wirausaha secara bersama-
sama terhadap minat berwirausaha pada Mahasiswa, ditunjukkan dengan hasil
regresi linear berganda yang menghasilkan nilai F hitung sebesar 40,109 dimana
nilai F hitung variabel tersebut lebih besar dari F tabel yaitu sebesar 3,07 dan
memiliki nilai probabilitas signifikansi 0,000 dimana nilai tersebut lebih kecil dari
0,05 dan Adjusted R2 sebesar 0,,499.