Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Akuntansi
setelah diterapkan strategi pembelajaran Everyone is a Teacher Here pada siswa kelas
XI tahun ajaran 2019/2020 di SMK PAB 2 Helvetia. Jenis penelitian ini adalah
PTK yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap
perencanaan, tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas X1 Ak1 di SMK PAB 2 Helvetia, yang berjumlah 35 orang.
Objek penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar Akuntansi. Pengumpulan
data dilakukan dengan metode tes dan observasi. Data dianalisis dengan teknik
analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan
persentase hasil belajar Akuntansi pada kelas XI Ak1 di SMK PAB 2 Helvetia.
Berdasarkan hasil tes pada siklus I rata-rata persentase hasil belajar tuntas
Akuntansi siswa sebesar 77,14% (kriteria cukup). Pada siklus II rata-rata
persentase hasil belajar Akuntansi siswa mengalami peningkatan menjadi 91,43%
(kriteria sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan
penerapan strategi pembelajaran Everyone is a Teacher Here dapat meningkatkan
hasil belajar akuntansi siswa kelas XI SMK PAB 2 Helvetia tahun ajaran
2019/2020.