Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan model experiential
learning dalam meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan dengan
menggunakan metode Library Research yang berlokasi di perpustakaan secara
online dan offline. Sumber data yang digunakan yaitu sumber primer. Sumber
primer yang dimaksud adalah jurnal karya ilmiah yang berhubungan dengan
model experiential learning. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan
observasi dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
dilakukan pada dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam menganalisa
data adalah teknik analisis isi. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini
menggunakan teknik kredibilitas, antara lain perpanjangan pengamatan,
triangulasi, dan mengadakan membercheck. Berdasarkan hasil penelitian yang
dilakukan oleh penulis dari beberapa jurnal diperoleh hasil bahwa model
experiential learning memiliki pengaruh yang positif dalam meningkatkan hasil
belajar. Berdasarkan hasil dari keabsahan data dari beberapa penelitian terdahulu
mengenai model experiential learning, model tersebut dapat meningkatkan hasil
belajar siswa