Abstract:
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui model pembelajaran Taking Stick
dalam meningkatkan hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif
dimana sumber data penelitian diperoleh dari sumber primer yaitu suatu referensi
yang dijadikan sumber utama acuan penelitian. Dalam penelitian ini, sumber
primer yang digunakan adalah jurnal-jurnal yang berhubungan dengan judul
penelitian yaitu jurnal model pembelajaran talking stick dalam meningkatkan hasil
belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan penelitian ini dilaksanakan di tengah
pademi covid 19 sehingga penulis tidak dapat meneliti dengan menggunankan
penelitian tindakan kelas langsung kepada siswa sehingga penulis hanya
membahas 10 jurnal penelitian yang berkaitan dengan judul penelitian penulis.
Berdasarkan tabel diketahui bahwa hasil temuan keabsahan data dari 10
penelitian mengenai manfaat model pembelajaran talking stick dalam
meningkatkan hasil belajar siswa yang diambil dari 10 jurnal penelitian terdahulu
bahwa tingkat keberhasilan dengan menggunakan model pembelajaran talking
stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Sehingga dapat dikatakan bahwa
model pembelajaran talking stick dalam meningkatkan hasil belajar dapat
dikatakan berhasil. Dari hasil penelitian terbukti peserta didik terlihat adanya
peningkatan pemahaman peserta didik, ini terbukti dengan meningkatnya hasil
belajar peserta didik. Dengan demikian penerapan model pembelajaran talking
stick terbukti mampu membantu peserta didik dalam meningkatkan hasil belajar
peserta didik. Hal ini sesuai dengan beberapa penelitian yang telah dilakukan oleh
beberapa peneliti terdahulu