Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Quantum
Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Pada Pokok Bahasan
Pencatatan Jurnal Umum Di SMK Swasta Tengku Amir Hamzah Indrapura.Jenis
penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, penelitian ini memiliki tahap-
tahap penelitian yang berupa siklus satu dan dua. Populasi dan sampel penelitian
adalah seluruh siswa kelas X SMK Swasta Tengku Amir Hamzah yang berjumlah 42
orang siwa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pada Hasil belajar siswa setelah
diterapkan pembelajaran Quantum Teaching ternyata mengalami peningkatan. Pada
siklus I diperoleh nilai rata-rata 82,26 dengan persentase ketuntasan belajar siswa
(76,19%). Selanjutnya pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 88,11 dengan persentase
ketuntasan belajar siswa (92,85%). Dimana peningkatan nilai kemampuan siswa
antara siklus I ke siklus II adalah 5,85 untuk hasil belajar akuntansi dengan
peningkatan persentase sebesar 16,66%.Hasil akhir observasi terhadap minat belajar
siswa yang diaplikasikan melalui aktivitass siswa ketika dalam proses belajar
mengajar juga menunjukkan peningkatan yang signifikan antara siklus I 71,42%
menjadi 90,47% pada siklus II. Peningkatan yang ditunjukkan sebesar 19,05%.