Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengatahui dan menganalisis pengaruh model
pembelajaran student teams achievement division terhadap hasil belajar akutansi
pada siswa kelas X di SMK PAB 2 Helvetia Medan. Sampel yang digunakan
adalah siswa kelas X Akuntansi yang berjumlah 37 siswa sebagai sampel total
(total sampling). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa setelah
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement
Division (STAD) pada mata pelajaran Akuntansi terdapat pengaruh yang
signifikan. Hal ini dapat dilihat bahwa Model STAD berpengaruh terhadap Hasil
Belajar Akuntansi pada siswa X SMK PAB 2 Helvetia Medan Tahun Pelajaran
2019/2020. Hal tersebut terbukti berdasarkan analisis data yang menunjukkan
bahwa t hitung sebesar (6,675) > t tabel sebesar (1,689) maka koefisien signifikan,
maka Ha diterima dan Ho ditolak, artinya terdapat pengaruh Model STAD
terhadap Hasil Belajar Akuntansi siswa X SMK PAB 2 Helvetia Medan Tahun
Pelajaran 2019/2020. Dari hasil perhitungan di atas dapat diketahui bahwa uji
determinasinya sebesar 41,8%. Hal ini berarti adanya pengaruh Model STAD
terhadap Hasil Belajar Akuntansi siswa X SMK PAB 2 Helvetia Medan Tahun
Pelajaran 2019/2020. Sisanya sekitar 58,2% disebabkan oleh faktor-faktor lain
yang tidak dibahas dalam penelitian ini.