Research Repository

Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Akuntansi dengan Menggunakan Strategi Cross Word Puzzle Pada Siswa SMK Negeri 1 Medan Tahun Ajaran 2018 / 2019

Show simple item record

dc.contributor.author Risdayanti, Melda
dc.date.accessioned 2020-11-25T07:26:30Z
dc.date.available 2020-11-25T07:26:30Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14148
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran Akuntansi dengan menggunakan Strategi Crossword Puzzle yang dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar akuntansi siswa kelas X Akuntansi 1 SMK NEGERI 1 MEDAN. Jenis penelitian ini adalah PTK yang dilaksanakan dalam II siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi, Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi 1 yang berjumlah 35 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah peningkatan keaktifan dan hasil belajar akuntansi. Penelitian yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi Crossword Puzzle dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Keaktifan siswa secara keseluruhan pada siklus I siswa yang sangat aktif sebanyak 8,75%, siswa yang aktif sebanyak 57,14%, siswa yang cukup aktif sebanyak 34,29%, dan tidak ada siswa yang kurang aktif. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi siswa yang sangat aktif sebanyak 25,71%, siswa yang aktif sebanyak 60%, siswa yang cukup aktif sebanyak 14,29%. Hal ini akan mempengaruhi hasil belajar menjadi lebih baik. Hasil Belajar akuntansi siswa kelas X Akuntansi 1 SMK NEGERI 1 MEDAN, berdasarkan hasil tes pada siklus I rata – rata persentase hasil belajar tuntas akuntansi siswa sebesar 40% ( kriteria rendah ). Pada siklus II rata-rata hasil belajar akuntansi siswa mengalami peningkatan menjadi 85,71 % ( kriteria tinggi ). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan Ada peningkatan keaktifan dan hasil belajar akuntansi siswa dengan menggunakan strategi Crossword Puzzle pada materi Jurnal penyesuaian di kelas X Akuntansi 1 SMK NEGERI 1 MEDAN Tahun Ajaran 2018- 2019. en_US
dc.subject Strategi Crossword Puzzle en_US
dc.subject Keaktifan en_US
dc.subject Hasil Belajar Akuntansi en_US
dc.title Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Akuntansi dengan Menggunakan Strategi Cross Word Puzzle Pada Siswa SMK Negeri 1 Medan Tahun Ajaran 2018 / 2019 en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account