Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran Akuntansi
dengan menggunakan Strategi Crossword Puzzle yang dapat meningkatkan
keaktifan dan hasil belajar akuntansi siswa kelas X Akuntansi 1 SMK NEGERI 1
MEDAN. Jenis penelitian ini adalah PTK yang dilaksanakan dalam II siklus.
Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi,
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi 1 yang berjumlah 35 orang.
Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah peningkatan keaktifan dan hasil
belajar akuntansi. Penelitian yang digunakan adalah tes, observasi dan
dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan
analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi
Crossword Puzzle dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.
Keaktifan siswa secara keseluruhan pada siklus I siswa yang sangat aktif sebanyak
8,75%, siswa yang aktif sebanyak 57,14%, siswa yang cukup aktif sebanyak
34,29%, dan tidak ada siswa yang kurang aktif. Sedangkan pada siklus II
meningkat menjadi siswa yang sangat aktif sebanyak 25,71%, siswa yang aktif
sebanyak 60%, siswa yang cukup aktif sebanyak 14,29%. Hal ini akan
mempengaruhi hasil belajar menjadi lebih baik. Hasil Belajar akuntansi siswa
kelas X Akuntansi 1 SMK NEGERI 1 MEDAN, berdasarkan hasil tes pada siklus
I rata – rata persentase hasil belajar tuntas akuntansi siswa sebesar 40% ( kriteria
rendah ). Pada siklus II rata-rata hasil belajar akuntansi siswa mengalami
peningkatan menjadi 85,71 % ( kriteria tinggi ). Berdasarkan hasil penelitian
tersebut dapat disimpulkan Ada peningkatan keaktifan dan hasil belajar akuntansi
siswa dengan menggunakan strategi Crossword Puzzle pada materi Jurnal
penyesuaian di kelas X Akuntansi 1 SMK NEGERI 1 MEDAN Tahun Ajaran
2018- 2019.