Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang
signifikan dengan Efikasi Diri terhadap Kemandirian Belajar Siswa Pada Mata
Pelajaran Akuntansi Kelas X Akuntansi SMK Swasta BM Al-Fattah Medan
Tahun Pelajaran 2019/2020. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X
Akuntansi SMK Swasta BM Al-Fattah Medan Tahun Pelajaran 2019/2020 yang
terdiri dari satu kelas yang berjumlah 27 orang siswa. Sampel diambil secara total
sampling, yaitu siswa kelas X Akuntansi yang berjumlah 27 orang siswa yang
akan di teliti dengan Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Kemandirian Belajar Siswa
pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas X Akuntansi SMK Swasta BM Al-Fattah
Medan Tahun Pelajaran 2019/2020.Teknik pengumpulan data yang digunakan
dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan angket (kuesioner). Adapun hasil
dari penelitian ini yaitu diketahui nilai t hitung sebesar 5,537 dan nilai signifikan
sebesar 0,000. Nilai t hitung efikasi diri adalah 5,537 dan nilai t tabel adalah 2,052
sehingga t hitung > t tabel (5,537 > 2,052), maka dapat disimpulkan bahwa efikasi diri
berpengaruh positif dan signifikan (0,000 > 0,05) secara parsial terhadap
kemandirian belajar siswa SMK Swasta BM Al-Fattah Medan. Hal ini berarti,
pada Efikasi Diri, Ha diterima dan Ho ditolak. Dapat diartikan bahwa Efikasi Diri
secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kemandirian Belajar
siswa kelas X Akuntansi SMK Swasta BM Al-Fattah Medan Tahun Pelajaran
2019/2020.