Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “ Rendahnya Aktivitas dan Hasil
Belajar siswa kelas XII IPS SMA Swasta SINAR HUSNI HELVETIA.”
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menerapkan Kolaborasi
model pembelajaran Quiz Team dengan snowball Throwing dapat meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar akuntansi kelas XII IPS SMA SWASTA SINAR
HUSNI HELVETIAPenelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan
Kelas. Adapun Subjek penelitian adalah siswa kelas XII IPS yang berjumlah 29
orang dan objek penelitian ini adalah penerapan kolaborasi model pembelajaran
Quiz Team dengan snowball Throwing. Teknik pengumpulan data dengan
menggunakan lembar observasi untuk melihat aktivitas belajar siswa dan tes
untuk melihat hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan
kolaborasi model pembelajaran Quiz Team dan Snowball Throwing dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya
peningkatan daya serap terhadap bahan pengajaran, pemahaman siswa dalam
diskusi kelas dan diskusi kelompok, serta siswa benar dalam membuat pertanyaan
dan menyelesaikan soal tes dari guru. Adapun hasil pada pretest, siswa yang
tuntas 10 orang atau 34,84%. Data postes siklus I siswa yang tuntas 13 orang atau
44,82%. Sedangkan postes siklus II 25 orang siswa yang tuntas atau 86,20%.
Berarti ada peningkatan hasil belajar siswa dari postes siklus I ke postes siklus II
sebesar 41,38 %.
Simpulan penelitian ini adalah penerapan kolaborasi model pembelajaran
Quiz Team dan Snowball Throwing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
akuntansi siswa Kelas XII IPS SMA SINAR HUSNI T.P 2019/2020. Hal ini
berarti bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Quiz Team dengan
Snowball Thrwoing dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran
akuntansi.